Gadget

Cari

Memuat...

pengunjung

free counters

kirim pemberitahuan lewat email

Sabtu, 28 Januari 2012

Tips : perlengkapan alat pancing dan cara pemilihannya

Berdasarkan lokasi

Laut : 
Dimana lokasi anda akan memancing??? menentukan pilihan joran pancing. Jika anda akan memancing di laut, lebih baiknya anda memilih joran yang biasa tergabung dengan reel (kerekan/gulungan) didalamnya. Bisa yang include atau bisa anda cari secara terpisah. Mengapa?? karena lokasi laut membutuhkan senar (benang pancing) yang panjang. Jadi anda perlu tempat untuk senar (benang pancing) anda. Disisi lain, sifat ikan yang perlu fight untuk mengangkat ke permukaan. Bayangkan jika senar (benang pancing) anda panjangnya hanya sebatas panjang joran anda?

Sungai-sungai dangkal & Kolam pancing : 
Pilihlah jenis joran batangan jika lokasi memancing ada di sungai-sungai dangkal, kolam pancing, maupun di tepi-tepi danau. Hal ini untuk memudahkan anda dalam menghandle joran pancing. Tidak ada aturan memang untuk menggunakan jenis joran ini di tempat-tempat tersebut. Namun, banyak testimoni dari pemancing yang enjoy atau lebih senang menggunakan jenis joran batangan ini. Kembali ke kenyamanan anda masing-masing ;-)

Berdasarkan Fungsi

Jalannya benang pancing :
Jika memilih joran dengan tempat senar (benang pancing) sebagai jalannya benang pancing dari reel, pilihlah yang mempunyai dasar berlapis keramik. Mengapa ? karena jika terjadi gesekan pada saat terjadi Fight, kemungkinan tali pancing (senar) putus akan berkurang. Lain halnya jika anda memilih cincin tali pancing yang berdasar besi atau logam-ligam lain yang mudah berkarat. Hal ini bisa membuat tali pancing anda putus karena gesekan yang terjadi.

Besar kecil Diameter dari joran : 
Juga tidak kalah pentingnya dalam penentuan ini. Karena joran dengan diameter besar, sangat tidak nyaman di pegangan ketika tangan sang pemancing lebih kecil ;-)

Hal tersebut juga perlu anda perhatikan dalam lokasi mancing anda. Jangan memilih joran dengan diameter kecil (untuk anak anda) jika lokasi memancing anda adalah di lautan dengan target ikan-ikan besar ;-)


Rod/Joran/Stik pancing

Berat Joran
Ya, berat joran ini juga harus jadi perhatian kita. Joran fiberglass itu kuat, tapi cukup berat, sedang joran carbon itu ringan tapi lebih mudah patah dibandingkan dengan joran fiberglass. Tapi untuk casting ini, kita mestinya lebih memilih yang ringan, karena akan membuat kita tidak mudah lelah.

Handle / Grip 
Handle ini pada dasarnya ada 3 jenis, yaitu handle pendek, medium dan panjang. Joran yang pendek ini, biasanya dipakai untuk single-hand casting (casting dengan satu tangan), dan yang panjang untuk double-hand casting (casting dengan 2 tangan). Sedang yang medium, biasanya untuk single-hand casting tapi posisi ujung joran yang lebih panjang ini akan membantu kita menahan beban joran, terutama saat fight dengan ikan.
Selain itu, pada handle ini terdapat apa yang disebut dengan "reel sheet" alias dudukan reel. Kita harus tahu dulu, reel apa yang akan kita pakai. Kalau kita mau pakai Spinning Reel, joran juga harus disesuaikan, demikian juga kalau kita mau pakai bait reel.

One piece rod atau ...
Joran casting terbaik, sebenarnya adalah joran yang cuma 1 batang saja, alias tidak sambungan. Tapi, untuk joran panjang lebih dari 1,8 meter, agak sulit rasanya kalau kita memaksa memakai yang "one piece" itu. Nah, untuk joran panjang, akan lebih baik kalau kita memilih yang 2 pieces untuk panjang joran sekitar 3 m, atau 3 pieces untuk joran yang lebih panjang lagi.

Fast Tapper, Slow Tapper
Joran itu secara garis besar ada type yang Fast Tapper dan juga Slow Tapper. Isitilah tapper ini seperti kecepatan action di joran dalam merespon gerakan kita saat kita menghentak joran pada waktu "hit" atau lure disambar ikan. Joran fast tapper ini cenderung keras di bagian pangkal sampai ke bagian tengah joran, baru agak lemas/lentur di ujungnya, sedang yang slow tapper cenderung lentur mulai dari ujung joran dekat handle / grip. Joran fast tapper cenderung lebih mudah dipakai, karena dengan joran ini kita bisa casting lebih jauh dan respon joran saat kita gentak juga cukup cepat.

Reel

Spinning Reel
Kelebihannya adalah bisa dengan cepat menggulung kenur, jarang terjadi trouble dengan kenur seperti "lash-back", cukup mudah casting jauh meski lurenya ringan. Kekurangannya adalah kalau kenur tidak kencang maka akan mudah keluar dari spool semaunya sendiri, resiko ruwet besar, tidak terlalu mampu menahan beban berat.

Bait Reel
Kelebihannya adalah lebih kuat saat kita menggulung benang / fight dengan ikan, kenur tidak mudah melintir. Intinya, reel ini kuat dalam hal menahan beban. Kekurangannya adalah reel ini menggulung kenur dengan lebih lambat dibanding dengan spinning reel, kalau lurenya ringan agak sulit casting jarak jauh, ada resiko "lash-back" alias, kenur menggulung terbalik di spoolnya.



Memilih Kenur Pancing / Senar Pancing

Hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu. Semakin bagus kualitas senar yang kita pakai, sudah pasti semakin mahal harganya.

Senar yang baik mempunyai mutu stabil. Senar yang baik ini dibuat dari bahan baku berkualitas, dengan menggunakan mesin yang baik dan dengan proses dan quality control yang baik pula. Kestabilan senar dimaksud adalah jika dibuat dengan quality control yang ketat seperti diameter, kekuatan (strength), kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility) dan ketahanan gesek (abrasion resistance).

Jenis-jenis Senar Pancing yang ada dipasaran ada dua yakni Monofilament danMultifilament. Monofilament adalah Senar dengan serabut (filament) tunggal, dan terbuat dari bahan dasar nylon. Sedangkan Multifilament adalah Senar yang memiliki banyak serabut. Permukaan senar jenis ini kasar, tidak sehalus senar dari bahan nylon. Jenis Senar Pancing ini banyak dipakai pemancing hobi dan biasanya digunakan untuk lomba.

Senar Pancing ini, bisa kita uji dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakanAlat Pengetesan Senar dan Manual. Alat Pengetesan Senar berupa mesin khusus untuk tes senar. Keakuratan pengetesan dengan menggunakan alat mesin ini lebih baik dibandingkan dengan secara manual.

Pengukuran secara manual, bisa kita lakukan dengan memakai sebuah timbangan, kemudian senar ditarik (timbangan menunjukkan suatu angka) sampai senar tersebut putus.




Kail Pancing
Kail adalah adalah sebutan umum pada masa kini sebagai mata pancing. Kail pancing ini ada yang besar atau pun kecil, tergantung dari kebutuhan orang untuk memperoleh ikan besar atau ikan yang kecil.

Kebanyakan orang memilih kail yang spesifik ukurannya sesuai dengan keinginan mereka untuk mendapatkan sasaran ikan sesuai dengan ukurannya. Tentu saja, pada akhirnya, orang yang memancing di laut yang luas dan dalam, kebutuhan bentuk mata pancingnya sangat berbeda dengan orang yang hanya memancing di sungai untuk memancing udang.

Semakin kecil ikan, mata kail yang diperlukan juga semakin kecil. Begitu juga sebaliknya, semakin besar ikan, maka kail yang dibutuhkannya pun besar.

Apa yang sering orang lewatkan adalah bahwa struktur garis ukuran, jenis ikan, jenis umpan, cara memancing memainkan peran utama dalam pemilihan mata pancing. Contoh kail pancing berbagai bentuk bisa seperti ini :




Tidak ada patokan resmi mana yang cukup baik, karena kini rata-rata semua pemancing telah tahu ukuran yang pas akan kail pancing untuk kebutuhan memancingnya. Standartnya adalah untuk ikan besar, pilihan mata pancing yang besar, tipis dan tajam adalah tepat.

Untuk ikan yang kecil, hanya diperlukan ukuran mata kail yang kecil, tipis dan keruncingannya pendek.

Bahan dari kail pancing sangatlah berpengaruh juga. Hal ini lebih dominan tatkala seseorang pergi memancing di laut. Bahan dari baja yang bagus lebih diutamakan, sebab air laut sangatlah keras dalam menumpulkan mata pancing. Bila memilih bahan yang biasa saja, maka hanya membuat anda capai untuk mengganti dan capai melihat ikan yang sering kali lepas. Sementara tetangga di sebelah anda cuman bisa tertawa dan meledek kesialan anda.




Pemberat dan pelampung

Pemberat atau timbel digunakan sebagai penyeimbang di dalam air. Jumlah beratnya sendiri sangat disesuaikan dengan kedalaman kolam serta besar pelampung. Takaran berat yang pas akan memberikan keseimbangan yang pas sehingga umpan tidak terombang-ambing karena arus air dan posisi pakan umpan selalu berada mengambang pas dengan posisi makan ikan.

pelampung pancing

Bentuk pemberat sangat tidak baku, ada yang berbentuk bulat, lonjong, kerucut dan lembaran. Besar dan beratnya pun juga relatif. Sesuai dengan keperluan pemancing dan seleranya. Semakin besar pemberat, semakin besar pula pelampung yang dipakai. Paling enak menggunakan pemberat yang berbentuk lembaran. Karena dengan mudah dapat diganti beratnya sesuai dengan kebutuhan.

Pelampung merupakan satu kesatuan dengan pemberat yang merupakan alat penyeimbang senar dan mata pancing , fungsi pelampung sendiri sebenarnya lebih sebagai pembantu penglihatan pemancing jika umpan telah disambar ikan. Pelampung akan bergerak – gerak dan tenggelam saat ikan mulai memakan ikan, dan itu pertanda bahwa pemancing harus menarik joran sesegera mungkin. Pelampung yang baik harus dapat dilihat secara jelas oleh kita. Penempatannya yang sesuai dengan panjang senar serta posisinya yang berada di atas permukaan air akan memudahkan pengawasan umpan pancing. Dengan pola warna yang mencolok akan memudahkan pemancing untuk mengetahui pergerakan ikan, bahkan untuk cara memancing pada malam hari telah dibuatkan model khusus pelampung dengan menempatkan cahaya flourecent pada pelampung untuk penglihatan di malam hari. Jenis – jenis pelampung sekarang banyak dibuat dari bahan busa, karet dan styrofoam, yang memiliki ciri kedap air. Dengan aneka ragam bentuk yang ada, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.



Tidak ada komentar:

Total Tayangan Laman

Blog archives