Gadget

Cari

Memuat...

pengunjung

free counters

kirim pemberitahuan lewat email

Senin, 30 Januari 2012

Apps : Kelebihan dan kekurangan OS Linux



Kelebihan Linux:
Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source). Sehingga tidak perlu biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux, gratis. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker karena masih berbasis teks (DOS). Namun, kini Linux mudah digunakan hampir semudah menggunakan Windows, bahkan masalah style pun, Linux lebih baik dari Windows 7.
Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux karena banyak komunitas-komunitas pengembangnya, semisal sourceforge.net. , atau bila terpaksa kita bisa menjalankan software untuk Windows di Linux dengan bantuan emulator seperti Wine sehingga file .exe dan .msi dapat dijalankan.
Keamanan. Hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Linux sejak awal didesain multi-user, sehingga bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Beberapa orang berpendapat bahwa Linux lebih aman karena jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding Windows, namun anggapan itu tidaklah tepat.
Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras, seperti kasus file .docx (Word 2007-2010) yang tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 atau versi dibawahnya.
Dukungan komunitas yang beragam dan menyebar di seluruh dunia. Linux selain gratis untuk digunakan, gratis pula untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang. Bahkan kita dapat mengembangkan distro kita sendiri.
Beragam pilihan. Hal ini bisa menjadi kelebihan maupun kekurangan. Banyak distro bermunculan, contoh yang populer seperti Ubuntu, Debian, RedHat, openSuSe, Fedora, Mandriva (Mandrake), dsb. Keanekaragaman ini memberi kita banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun di satu sisi hal ini juga akan membingungkan calon pengguna Linux. Lihat chart distribusi Linux di http://distrowatch.com untuk mengetahui rangking distro-distro Linux.
Linux membutuhkan resource yang lebih kecil dari Windows, sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi minimal. Selain itu hampir semua distro populer menyediakan versi 32 bit maupun 64 bit.
Linux dapat berjalan dalam dua mode, modus teks dan modus GUI namun pada umumnya modus teks (terminal) ini lah yang menjadi kekuatan Linux. Modus GUI sendiri memiliki banyak pilhan desktop environment-nya seperti KDE, Gnome, BlackBox, XFCE.


Kekurangan Linux:
Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’, takut untuk beralih dari Windows. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

Aplikasi-aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi di Windows.
Struktur direktori dan hak-akses yang membingungkan bagi yang sudah terbiasa dengan Windows dan belum mengenal UNIX/Linux sama sekali. Jadi intinya adalah, sudah siapkah Anda beralih ke Linux? Kita belajar Linux tidak untuk mempersulit diri sendiri, tetapi kita sedang melakukan perbaikan dalam mempelajari logika-logika dalam dunia komputer pada umumnya. Dengan mengenal Linux kita jadi tahu bahwa suatu program bisa berjalan karena ada kernel, kita juga bisa tahu apa yang membuat sistem operasi berjalan, kita tahu analogi-analogi pemrograman dan juga konsep-konsep dasarnya. Karena "Linux diciptakan hacker untuk hacker".(Linus Torvalds - Bapak Linux).

READ MORE - Apps : Kelebihan dan kekurangan OS Linux

News : hati-hati!!!! "Suka Menipu Termasuk Perilaku Psikopat"

TANYA : 
Dok.. saya punya sepupu yang sering sekali menipu, baik di lingkungan kantor dan keluarga. Mungkin sudah 10 tahun lebih dia suka menipu, menggadaikan barang orang lain (dengan cara menipu tentunya), lalu dia kabur. Setelah uang habis, ia kembali ke keluarganya dan jika ada kesempatan lagi akan menipu atau menggadaikan barang atau surat berharga milik keluarga. Kejadian ini selalu berulang karena ibunya selalu memaafkan, tapi yang bersangkutan tidak penah jera. 
Apakah perilaku ini sudah termasuk gangguan jiwa, dan bagaimana menyembuhkannya? Dan kenapa si ibu selalu memaafkan, padahal sudah dikecewakan berulang kali dan sudah rugi ratusan juta akibat perbuatan anaknya? Apakah sikap ibunya itu juga faktor membuat sepupu saya itu selalu berulah? Terima kasih banyak dok????
(V*** 40, Jakarta)


JAWAB :
Saudara V*** yang baik,
Salah satu hal yang sering dikaitkan dengan perilaku kriminal atau kejahatan adalah suatu gangguan kejiwaan yang disebut Gangguan Kepribadian Antisosial yang banyak dikenal dengan istilah Psikopat. Penelitian mengatakan bahwa pada orang yang mengalami gangguan kepribadian ini, dirinya tidak merasa bersalah jika melakukan perbuatan yang melanggar hukum atau norma di masyarakat.
Orang seperti ini bisa sangat manipulatif sehingga mudah menipu orang lain apalagi keluarga yang mencintainya. Sayangnya, orang yang mengalami gangguan kepribadian antisosial tidak menyadari dirinya sakit. Pengobatan pada orang yang seperti ini juga cukup sulit karena tidak ada upaya perbaikan dari orang tersebut.
Tidak heran walaupun prevalensinya di masyarakat sekitar 3% dan banyak dialami laki-laki, namun di komunitas penjara, prevalensinya bisa 70%. Bukan berarti orang yang berbuat kriminalitas selalu menderita gangguan kepribadian ini tetapi memang lebih banyak dilakukan oleh orang-orang yang mengalami gangguan kepribadian antisosial ini.
Saya melihat, ibu sepupu V*** mungkin mengharapkan perubahan dari anaknya. Kasih ibu memang sepanjang jalan, walaupun anaknya berbuat salah sekalipun, dia tetap adalah anaknya. Ada baiknya dibicarakan cara untuk memberikan sedikit pelajaran kepada sepupu V*** ini dengan tidak memberikan kembali uang atau materi. Walaupun ini juga kadang kala tidak akan menyurutkan niatnya untuk berhutang dan menipu pihak lain.
Psikoterapi pada beberapa kepustakaan dikatakan mempunyai peran dalam membuat orang yang mengalami gangguan jiwa ini lebih menyadari perbuatannya, tetapi memang di banyak kepustakaan juga dikatakan agak sulit mengobati pasien dengan gangguan kepribadian tipe ini. Saya berharap keluarga bersabar dan tidak selalu menyokong sepupu V*** dengan materi.
Semoga berguna. Maafkan jika tidak bisa memberikan jalan keluar yang diharapkan.


READ MORE - News : hati-hati!!!! "Suka Menipu Termasuk Perilaku Psikopat"

Tips : cara mudah mengetahui wanita yang perawan (ting-ting)

Untuk melihat seorang gadis masih perawan atau tidak, anda tidak perlu melihatnya saat malam pertama. Ada beberapa ciri fisik pada tubuh wanita perawan atau tidak. 
Mau tahu apa ciri-cirinya? Apa nggak mau tapi malu-malu mau!!

1. Dahi
Bagi wanita yang masih perawan akan memiliki dahi yang halus dan licin. Dan jika tidak suci lagi maka akan muncul kedutan yang tidak begitu terlihat dan samar-samar. Ciri ini tolong bedakan dengan kedutan karena usia. Kedutan karena sudah tidak perawan, terlihat samar-samar dan akan terlihat jelas saat tertawa atau berbicara.

2. Mata.
Ciri pertama bisa kita lihat pada matanya. Jika wanita yang sudah tidak perawan bagian bawah kelopak mata terlipat sedikit dan terdapat tanda lebam (hitam) seperti memar. Atau ada tambahan garis keriput. Sedangkan jika masih suci maka matanya cerah berseri.

3. Hidung
Seorang gadis yang masih suci dari jamahan lelaki hidung belang, memiliki ciri fisik pada hidungnya. Apa itu? yaitu pada ujung hidung terlihat ciri kemerah-merahan. Sedangkan untuk gadis yang sudah tidak perawan akan memiliki warna merah tapi lebih pucat.

4. Pipi
Jika gadis masih perawan maka pipinya akan menggairahkan dan merah segar. Kalau seorang wanita sering dicium efeknya adalah pipinya menjadi tidak merah lagi. Ciri lainnya bisa dilihat jika seorang pipi dari wanita tidak perawan terdapat garis melintang yang tidak begitu jelas.

5. Telinga
Seorang wanita yang sama sekali belum tersentuh oleh Pria bisa juga dilihat cirinya pada telinga. Bagi wanita perawan maka telinganya akan akan nampak halus dan bersih. Sedangkan telinga pada wanita yang sudah tidak perawan akan menjadi sedikit leper. Karena waktu malam sering digigit :D

Sebenarnya ada banyak lagi ciri-ciri perawan tapi karena melibatkan organ-organ sensitif lebih baik tidak saya publish. Dan saya rasa ciri diatas sudah cukup untuk membedakan mana wanita yang masih perawan atau tidak.

READ MORE - Tips : cara mudah mengetahui wanita yang perawan (ting-ting)

Tips : 14 Sifat wanita berdasarkan ramalan primbon rumah tangga (beserta ciri-cirinya)


primbon wanita

Tahukah anda, Ada terdapat 14 Sifat wanita berdasarkan ramalan primbon rumah tangga. Nggak tahu deh apakah sifat ini hanya berlaku untuk wanita jawa saja atau tidak.





















Sudah siap mari kita kuak rahasia wanita berdasarkan arti primbonnya. Hmmmm……..

1. Wanita Bintang Kesiangan
Sifat: Senang bermesraan dengan suami
Ciri-ciri: wajah manis, Berkulit hitam manis, mata redup seperti mengantuk, rambut lebat serta berombak

2. Wanita Durgasari
Sifat: Suka khianat, tidak baik dalam rumahtangga dan suka berbohong
Muka bujur telur berwarna sedikit kemerahan, leher jenjang.

3. Wanita Emping hijau
Sifat: Gampang dapat rezeki, Baik, namun suka merajuk lalu pulang ke rumah ortu
Ciri-ciri: Muka panjang,Kulit gelap, rambut hitam lembut, kaki kecil dan kering, badan tegap, kuku panjang dan kecil.

4. Wanita Beras Tumpah 
Sifat: Mudah marah, pemboros serta suka bertengkar dengan suami.
Ciri-ciri : Payudara besar, Kulit kuning, rambut lembut hingga ke ujung, tahi lalat di telinga.

5.Wanita Galak Ulat
Sifat: Sering menolak kehendak suami
Ciri-ciri: ujung rambut berwarna merah, Kulit kuning, rambut keras dan lurus.

6. Wanita Kunci Kencana
Sifat: Sering bosan sama suami
Sifat: tinggi besar, kaki pendek dan kulit gelap.

7. Wanita Sinar Kencana
Sifat: Pendiam, baik dan mampu menjaga hati
Ciri-ciri: Berkulit gelap, rambut lembut, hitam dan halus, bertubuh besar.

8. Wanita Gandasari
Sifat: Bertutur kata lembut, mampu menahan amarah, dan selalu melaksanakan kewajiban.
Ciri-ciri: Gerakan tubuh seperti orang malas, Kulit kuning, rambut hitam berkilat, buah dada tergantung, leher agak pendek , manis dipandang.

9. Wanita Matahari Jatuh
Sifat: Penyabar, bertutur kata dengan hati-hati, murah rezeki, teliti dalam pekerjaan, setia bahkan sampai mau dimadu
Ciri-ciri: wajah manis, Kulit kuning, urat nampak hijau, mata redup alis lentik.

10. Wanita Matahari Terbenam
Sifat: Orangnya Spontan, mampu menyimpan rahasia, dan bersahabat.
Ciri-ciri: Badan kecil, warna kulit kemerahan, sedikit tanda kebiruan di wajah, alis mata tebal.

11. Wanita Puspa Mekar
Sifat: Mampu melayani kehendak suami.
Ciri-ciri: Bentu badan seperti pria, ruas betis panjang, tulang sedikit menonjol, jika berdiri kaki seperti bertemu.

12. Wanita Silasari
Sifat: Naik darah dan juga pemboros
Ciri-ciri: Kulit kuning, payudara kecil, tahi lalat di cuping telinga.

13. Wanita Sirih Terlentang
Sifat: suka melakukan perbuatan keji
Ciri-ciri: Kaki aga melintang, jika berjalan seperti suka menendang tanah.

14. Wanita Sari Maya
Sifat: Tidak banyak meminta dan menerima keadaan,
Ciri-ciri: Badan kurus, rambut genjur dan kasar, wajah kemerahan.

Sampai disini saja ramalan primbon wanitanya. Apakah kamu atau pasangan kamu memiliki sifat wanita diatas? Dan untuk sifat pria…


READ MORE - Tips : 14 Sifat wanita berdasarkan ramalan primbon rumah tangga (beserta ciri-cirinya)

Tips : cara mengerahui orang sedang bohong (lie to me?)



Hal yang paling menyebalkan yang bintang rasakan seumur hidup adalah orang berbohong. Karena saat dibohongi kita telah hancur kepercayaan dan yang terpenting kita menjadi lebih bodoh dari orang lain. Menyesakkan dan Mengharukan.
Tapi apa benar-benar saya yang bodoh atau orang lain yang lebih pintar melakukan kebohongan. Coba di test IQ dulu aja.
Dalam sebuah postingan kali ini akan saya beberkan cara mendeteksi orang berbohong. Jadi anda tidak perlu takut orang lain menipu anda. Karena andalah yang akan menjadi penipu (pembohong) sesungguhnya.





Ciri-ciri orang pembohong :

Menyentuh wajah
Hal yang paling umum saat seseorang berbohong adalah dengan menyentuh wajah mereka. Terutama dua bagian yaitu mata dan hidung. Saat seseorang berbicara dengan menggosok-gosok matanya. Percayalah dia ingin menghindari kontak mata dengan anda. Dan 100% yakinlah bahwa dia sedang berbohong. Kecuali jika memang ruangan penuh debu, bisa jadi mata orang itu memang kemasukan debu.

Perubahan suara dan Menjawab terlalu berhati-hati
Ciri-ciri pembohong bisa di dengar dari nada bicaranya, jika sedang meninggi, artinya sebuah dusta sedang diceritakan. Selain itu lihat juga suaranya yang tegang dan jeda antar kalimat berlangsung lama. Itu sudah pasti deh pembohong.
Hal-hal diatas selain karena tegang mereka juga mengulur-ngulur waktu untuk menyusun jawaban yang rasional. Sehingga selalu menjawab pertanyaan dengan berhati-hati.

menggaruk-garuk
Cara paling gampang mendeteksi kebohongan adalah melalui gerakan tangan. Kebanyakan pembohong tidak banyak menggerakkan tangan saat mereka melakukan aksinya. Tapi ada satu yang sering mereka lakukan yaitu menggaruk. Biasanya lima kali saling susul mereka menggaru-garuk tubuhnya.

Gerakan kaki
PERHATIKANLAH! saat seseorang yang sedang berdiri, lihatlah saat kaki mereka mulai mengetuk ke tanah. Sudah pasti mereka sedang menjadi pembohong 
Dan Juga…
Saat Pembohong sedang duduk, Maka kemungkinan besar dia akan mengayun-ayunkan kaki mereka.

Senyum Terpaksa.
Andaikata teman anda menyeringai maka itu adalah senyum palsu dan menunjukkan sebuah kebohongan. Karena senyum yang sebenarnya saat sebuah senyum merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan mata.
Biasanya hal-hal diatas digunakan oleh pengetes wawancara kerja apakah pelamar pekerjaan sedang berbohong ataukah sedang jujur. Atau anda dapat menggunakannya untuk membongkar cara menipu paranormal gadungan.

Sebuah kebohongan memang dapat menghancurkan kepercayaan, hubungan sahabat bahkan cinta. WASPADALAH!

READ MORE - Tips : cara mengerahui orang sedang bohong (lie to me?)

News : Awas dukun palsu (trik yang sering digunakan dukun kacangan)

Memang sudah tidak asing lagi kata "dukun" dari zaman nenek moyang sampai modern seperti saat ini, akan tetapi praktek per"dukunan" sekarang lebih condong ke hal-hal yang mengandung penipuan, alias gak punya ilmunya tapi punya gayanya ajah....... (sing penting menang cocot/jawa). Untuk menghindari parktek-praktek yang seperti itu, saya share sedikit cara agar kita jangan sampai terkena tipu daya dukun gombal (dukun palsu). artikel ini saya ambil dari terselubung yang bersumberkan dari :
http://info-klopedia.blogspot.com/2012/01/7-rahasia-mengungkap-cara-praktek-dukun.html Dengan adanya artikel ini, diharapkan praktek perdukunan gombal bisa berkurang (aku kasian ma si dukun asli), selamat membaca......

Dukun Trawangan
Banyak dukun yang bilang bahwa dia menguasai ilmu trawangan padahal omong kosong. (Ilmu terawangan itu betul ada..tetapi hanya sedikit yang menguasai - red). Biasanya bila ada pasien yang datang ke tempat si dukun, pasien ini dalam keadaan pikiran TIDAK TENANG karena masalahnya. Maka apapaun kata si dukun tentang hasil "terawangan" nya pasti akan di berikan anggukan oleh si pasien. Biasanya si dukun akan menerawang pada bagian sifat atau sesuatu yang TIDAK TERLIHAT oleh pasien....sehingga si pasien TIDAK BISA mengecek kebenaran omongan si dukun apalagi didukung oleh pikiran dan hati yang sedang kacau yang dialami oleh pasien.
RAHASIANYA ADALAH :
Kalau anda mau mengecek dukun tersebut benar-benar menguasai terawangan atau bukan......cobalah suruh menerawang isi dompet anda, atau menerawang isi kamar anda, atau menerawang merk dan warna celana dalam anda.
Kalau si dukun itu mengatakan salah......berarti si dukun itu dukun kibul-kibulan. Dukun yang menguasai ilmu terawangan beneran..... "penglihatannya" tidak terbatasi oleh ruang dan waktu.


Dari Telur Keluar Silet, Paku, Darah, Dll.
Perut anda sakit melilit, atau punggung anda kaku dan terasa sakit. Kemudian anda pergi ke seorang dukun. Lalu dukun tersebut mengatakan bahwa anda kena santet. Kemudian si dukun mengambil telur yang masih "utuh". dengan komat kamit baca mantra (entah ngawaur atau tidak) telur tersebut diurutkan atau diusapkan di bagian yang sakit.
Setelah selesai proses ritualnya..... si dukun lalu menyediakan baskom dan memecah telur tersebut di hadapan anda. Alangkah terkejutnya anda mengetahui bahwa dari telur tersebut keluar paku, jarum, silet dan darah segar. Dan penyakit anda "sembuh". Kemudian anda sangat senang dan memberikan uang sesuai dengan tarifnya.
RAHASIANYA ADALAH :
Cara membuat telur yang di dalamnya ada paku, jarum dll. Sediakan TELUR mentah, CUKA, SABUN transparan yang sewarna dengan kulit telur, jarum, suntikan, paku, duri dll. Rendam telur ke dalam cuka (salah satu sisi....kalau bisa sebagian kecil saja yang kena cuka) sekitar 1 jam. Setelah bagian telur yang direndam cukan sudah sangat lembek.....dari situlah masukan jarum, atau paku atau duri atau silet ditambah dengan darah ayam segar yang disuntikan lewat celah tersebut. Harap hati-hati saat memasukan benda tersebut...jangan sampai cairan (putih dan kuning telur) di dalam banyak tumpah. Setelah barang yang dimasukan terasa cukup olesilah bagian yang terkena cuka tadi dengan sabun yang sewarna. Jadilah deh telur berisi paku dll. Sekarang tinggal mencari cara bagaimana agar seolah-olah telur itu diambil fresh dan cara bersandiwara agar seolah-olah kamu memang sedang mengerahkan ilmu gaib-gaiban untuk menarik benda santet ke telur tersebut Semakin pintar bersandiwara dan berintertaintment..... semakin orang percaya akan "kemampuan" anda. Kenapa pasien bisa "sembuh"? Pasien datang dengan mengeluh sakit dan MENCARI kesembuhan ke dukun tersebut. Kemudian dukun "mengobati" dan Menarik santet ke telur. Si pasien MELIHAT LANGSUNG bahwa dari telur tersebut keluar paku dll. Karena percaya dan melihat langsung si pasien merasakan " Kesembuhan " dari dukun tersebut. Karena kesembuhan ini hanya dari sugestinya sendiri..... maka bila pikirannya sedikit kacau penyakitnya akan kambuh kembali dan PASTILAH si pasien akan selalu pergi ke dukun tersebut. Semakin sering datang..... semakin senang si dukun...karena uangnya.

Patahkan Besi Baja
Demontrasi ini sering kita lihat di perguruan-perguruan tenaga dalam ( TD ). Ada juga perguruan yang dalam demontrasi bersikap jujur namun juga TIDAK SEDIKIT yang nakal untuk menarik banyak calon murid agar masuk ke perguruannya bagi perguruan yang nakal.
RAHASIANYA ADALAH :
Siapkan dua penyangga dari kayu yang kuat. Letakkan 1 buah besi dragon yang khusus dipesan di tempat pembuatannya (mutu rendah atau sedang), letakkan di atas penyangga tersebut. Karena mutunya yang rendah atau sedang (penonton tidak tahu), anda dapat dengan mudah memukul bagian tengah besi dragon tersebut sambil santai, atau tampak serius, atau sesuka anda. Bisa anda kembangkan misalnya dengan memukul besi dragonnya menggunakan sabuk, koran dan lain-lain. Jika mutunya agak kuatan, pukulan tangan/sabuk/korannya harus agak kuat. Untuk memukul tumpukan besi dragon, rahasianya adalah antara masing-masing dragon pisahkan dengan sesuatu apa saja, asal jangan saling bertumpuk bersentuhan. Harus renggang. Jadi ketika yang atas dipukul, maka yang bawah terbantu patah oleh patahan yang atasnya, bukan semata-mata karena pukulan anda. Yang bisa dipatahkan adalah baja atau besi campur baja. Bukan yang murni besi. Karena besi murni hanya dapat bengkok jika dipukul.

Keris Bergetar
Seringkali ada peragaan dari "dukun" yang menggunakan keris. Bila keris itu disentuhkan ke kita, kulit kita akan merasakan getaran keris tersebut bahkan ada yang rasanya seperti menyetrum. Bagi yang belum tahu triknya..... pasti akan terpesona dan yakin bila keris tersebut keris yang ampuh.
RAHASIANYA ADALAH :
Bila ada dukun yang memamerkan kerisnya bisa bergetar bila disentuhkan ke tubuh kita atau orang lain....... coba cermati sbb. Pinjamlah keris tersebut. Lepaskan ukiran / deder ( handle ) keris tersebut, kemudian handle kamu pegang dan kerisnya kamu kembalikan ke si dukun.
Suruhlan si dukun untuk memperagakan kembali ( keris bergetar ). Kalau si dukun nggak bisa..... periksalah baik-baik apa yang ada di dalam lubang di handle keris tersebut, dan pasti anda akan tertawa sebab di dalam handle keris tersebut ada baterai-nya .

Operasi Gaib Tanpa Dibius
RAHASIANYA ADALAH :
Sediakan kapas, obat PK (berwarna merah untuk obat gatal-gatal) dan benang jahit berwarna merah tua serta segelas air putih. Masukkan obat PK ke dalam kapas (jangan sampai kelihatan) dan diikat dengan ujung benang. Ujung benang lainnya diikatkan ke bagian yang sakit dari tubuh pasien misalnya di tangan. Masukkan kapas yang berisi obat PK tersebut ke air dalam gelas .Maka seolah darah keluar dari tubuh si sakit melalui benang dan menuju ke gelas. Air dalam gelas berwarna merah seperti darah sungguhan. Apalagi jika saat operasi ini berlangsung mata pasien disuruh untuk ditutup, nah saat itu di air dalam gelas tersebut ditambahi daging atau usus kelinci atau apa saja seolah operasi benar-benar terjadi. Pasien boleh dibuka matanya untuk melihat gelas tersebut.

Menghipnotis Orang
RAHASIANYA ADALAH :
Siapkan obat bius dan oleskan ke tapak tangan anda. Saat mau menghipnotis orang gerakkan tapak tangan anda tersebut di muka orang yang mau dihipnotis. Berbuatlah seperti mau menghipnotis orang. Karena pengaruh obat bius tersebut maka orang tersebut akan tertidur. Untuk membangunkannya anda harus tahu kapan obat bius itu akan hilang pengaruhnya. Dan berrbuatlah seolah anda membangunkannya.
Catatan :
  • Ilmu hipnotis yang benar-benar ilmu masih banyak orang yang memilikinya.
  • Dan ilmu hipnotis ini BUKAN ilmu klenik.
  • Asalkan rajin berlatih....tanpa puasa, tanpa jin, tanpa mantra....kita bisa menguasai ilmu hipnotis.
Kebal Diiris Silet
Ilmu ini terkadang bisa kita lihat atau saksikan pada peragaan test ilmu kebal. Nah di balik test ilmu kebal tersebut, banyak kita temukan demo yang memang benar-benar kebal alias tanpa trik, tetapi di lain pihak juga sangat banyak demo yang bohong-bohongan alias pakai trik. Nah bagi yang bohong-bohongan yang sering dipakai dukun nakal.
RAHASIANYA ADALAH :
Ambil silet dan tumpulkan salah satu sisinya dengan mengores-goreskan ke kaca atau batu. Tandai bagian yang tumpul ini dan bedakan dengan yang tajamnya. Katakan kepada penonton siapa yang mau coba silet ini. Ini silet tajam. Putuskanlah rambut penonton dengan bagian tajam silet. Lalu anda putuskan rambut anda dengan bagian silet yang tumpul. Maka rambut anda tidak akan terputus. Kecepatan tangan memang dibutuhkan dalam membolakbalikkan bagian silet dari bagian tajam ke tumpul dan sebaliknya. Coba juga dengan kulit anda. Irislah kulit anda dengan bagian yang tumpul. Ini sangat mengagumkan para penonton. Selamat mencoba..tetapi hati-hati jangan sampai lupa bagian mana yang tumpul dan bagian mana yang tajam


READ MORE - News : Awas dukun palsu (trik yang sering digunakan dukun kacangan)

Sabtu, 28 Januari 2012

Tips : Umpan ikan patin di kolam dan di sungai

Resep 1
1. Pake 5 bungkus roti rasa keju harga Rp. 1.000,-
2. Diseduh air panas secukupnya. Aduk hingga pulen

Resep 2
1. Roti tawar
2. Dikasih kuning telor bebek sama terasi udang sedikit
3. Campurin sama pelet

Resep 3
Remukan roti + sedikit buavita jeruk + banyak kara.
- Cacing murni
- Pelet + kara
- Tepung roti + kara
- Roti sobek manis, polosan aja

Cara pembuatan:
1. Cacing murni langsung ke kail.
2. Pelet + Kara = campur jadi satu + diaduk merata.
3. Tepung roti + Kara = campur jadi satu + diaduk merata.
4. Roti langsung ke kail.

Resep 4
Umpan ini cukup simpel, karena hanya memakai rebusan ikan mas. caranya, ikan mas di siangi (usahakan kulitnya tidak rusak), kemudian rebus dengan air. setelah matang, angkat ikan mas dan pisahkan kulit dan dagingnya. kulit ikan mas di buat umpan di satu mata kail dan daging ikan di pake untuk bom di satu mata kailnya (bisa di campur pelet).

Resep 5
Bahan:
1. Roti tawar sari roti 1 (satu) ball,
2. Kara 2 bungkus kecil,
3. Vanilli 2 bungkus kecil.

Cara Pengolahannya:
Roti di buang kulitnya (nanti bisa buat bom), kemudian di parut atau pun di blender sampai halus. setelah halus campurkan santan kara dan vanelli. aduk adonan ini sampai kalis, sampai tidak lengket ditangan yg mana setelah tidak lengket umpan ini akan terasa lembut sekali (jika masih keras tambahkan kara lagi).

Umpan tadi sudah bisa di pergunakan di mata kail, dan apabila memerlukan bom, gunakan kulit roti atau roti segar untuk efektifitasnya.

!!! Ada 1 lagi umpan mancing ikan patin yang cukup handal juga, apalagi untuk ikan patin liar yang hidup di sungai, tapi cenderung menjijikkan .

Umpan itu adalah usus ayam yang dibusukkan.

Caranya: usus ayam di masukkan dalam toples yang diberi sedikit air, tunggu sampai 2-3 hari untuk digunakan sebagai umpan. Kotoran yang berada di dalam usus jangan di bersihkan terlalu bersih, karena aroma busuk dan kotoran tersebut berfungsi menggoda ikan.

READ MORE - Tips : Umpan ikan patin di kolam dan di sungai

Tips : Umpan mancing ikan bawal dan rangkaian


memancing-ikan-bawal

Memancing ikan bawal memang mempunyai sensasi tersendiri. Jenis ikan ini merupakan pemakan segala dan agresif. Hidup di air tawar, dan suka bergerombol. Mempunyai gigi yang tajam seperti piranha.

Untuk memancing ikan bawal banyak pilihan umpan yang bisa dipakai, karena bawal merupakan ikan yang sangat rakus. Segala umpan dimangsanya, mulai casting, serangga, ikan kecil, pelet dan lain-lain. Namun saya sendiri cenderung menyukai umpan pelet. Karena dengan umpan pelet dapat menciptakan aroma yang dapat mengundang ikan.

Biasanya saya menggunakan umpan yang beraroma udang, atau kita campur dengan udang kering yang sudah dihaluskan. Tapi jangan terlalu halus, karena kulit/cangkang udang yang mengkilat dapat juga menggoda mata ikan. Jadi selain dari aroma, kita juga bisa menggoda mata ikan dengan warna mengkilat cangkang udang.

Karena gigi bawal yang tajam, maka perlu pemikiran khusus untuk rangkaian pancing. Para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi bawal, tapi saya lebih memilih memakai benang nylon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil). Karena benang nylon tidak kaku seperti seling, sehingga mudah dihisap oleh ikan. Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang terpenting adalah rangkaian di dekat mata kailnya


READ MORE - Tips : Umpan mancing ikan bawal dan rangkaian

Tips : Umpan untuk memancing ikan lele

Ada bermacam jenis umpan untuk ikan lele :

1. Cacing
Umpan cacing adalah umpan yang paling umum, untuk ikan lele cacing yang digemari adalah cacing sawah (cacing merah dan cacing cobra). Untuk cacing tanah yang disukai cacing lur ( cacing agak putih kemerahan, seperti ada cincin di leher). Untuk pemasangan di mata kail usahakan berbentuk menggerombol, dapat berisi 2 – 5 cacing dalam 1 mata kail.
Lokasi : kolam dan sungai

2. Jangkrik dan orong-orong
Ini juga termasuk umpan yang ampuh untuk ikan lele, jenis umpan ini hampir sama. Tapi orong-orong cenderung lebih ganas. Cara pemasangan: kepala dan kaki dibuang, tancapkan mata kail melalui leher, ujung belakang (pantat) di sobek sedikit kemudian badan jangkrik/orong-orong ditekan sehingga bagian dalam perut keluar sedikit. Bila suhu air dingin / di malam hari bisa dibakar sedikit untuk mengeluarkan aroma.
Lokasi: kolam dan sungai

3. Ikan kecil (ikan cemplon/gathul)
Umpan ini cenderung akan dimakan ikan lele yang besar
Lokasi: kolam dan sungai

4. Katak kecil
Umpan ini cenderung akan dimakan ikan lele yang besar
Lokasi: sungai

5. Daging ayam
Umpan ini baik untuk di gunakan saat lomba, ikan yang baru dari tandon cenderung menyukai umpan ini. Caranya daging ayam di kukus, kemudian disobek kecil-kecil dan memanjang. Pasang mata kail pada bagian tengah memanjang sobekan daging ayam, isi 3 – 5 sobekan. Untuk hasil maksimal celupkan dulu ke dalam kuning telur bebek yang di aduk sebelum dilempar ke air.
READ MORE - Tips : Umpan untuk memancing ikan lele

Tips : Umpan Lumut spesial ikan nila

Salah satu umpan termudah untuk memancing nila adalah lumut, lumut yang bagus biasa terdapat di sumber2 mata air. Biasanya lumut di tempat tersebut panjang dan segar.


berikut ini cara untuk menggunakan lumut:

1. Kail dirangkai bersusun 4-6 mata kail, dgn jarak +- 1 cm
2. Lumut dimasukkan ember di tambah air
3. Pegang pegangan yang telah disediakan pada rangkaian mata kail
4. Rangkaian mata kail di putar dalam ember agar lumut tersangkut di kail
5. Mata kail di lempar ke air pada 1 titik di ulang (ngebom) maka ikan akan datang dgn sendirinya

Catatan:

- Lumut jangan terkena sinar matahari langsung karena menyebabkan lumut bisa busuk

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Rangkaian mata kail untuk umpan lumut:


-  Untuk rangkaian kail gunakan benang nylon supaya mudah di sedot oleh ikan
- Cotton buth merupakan pegangan untuk memutar rangkaian di ember yang berisi lumut (dapat di modifikasi dengan rangkaian senar yang dililitkan)

READ MORE - Tips : Umpan Lumut spesial ikan nila

Tips : Cara Mancing ikan mas/tombro beserta spesifikasi alat

CARA MANCING 

Cara yang biasa dipakai di Indonesia untuk memancing ikan mas terdapat dua cara yaitu dengan menggunakan rangkaian berpelampung atau rangkaian langsung yang diberi pemberat (disebut glosor). Pada mancing sistim galatama rangkaian glosor yang dipakai karena pelampung tidak diperbolehkan. Sedang pada lomba mancing yang biasa, baik kedua rangkaian tadi boleh digunakan. Penggunaan rangkaian mana yang cocok atau lebih efektif tergantung dari kebiasaan pemancing itu sendiri, kondisi cuaca dan empang tempat memancing juga turut mempengaruhi. Beberapa rangkaian tambahan lainnya yang diurai di sini didapat dari literatur asing, di mana kondisi mancing mereka berbeda dengan kita. Mereka tidak mengenal empang sewa 
yang khusus untuk mancing seperti di Indonesia, tetapi memancingnya langsung dari alam yang terpelihara. Sehingga pada sungai atau perairan yang di tuju masih mudah dicari ikan masnya, selain itu sistim tangkap dan lepas (Catch And Release) juga sistim batasan yang boleh diangkat (Bag Limit) sangat dipatuhi para pemancing asing, tentu saja hal ini dapat menjaga kelestarian ekosistem ikan mas pada habitat aslinya. 
Beberapa link-link dari situs asing mengenai mancing dan hal yang berhubungan dapat anda temui pada halaman Link Mancing.

RANGKAIAN BERPELAMPUNG 

Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Mula-mula loloskan kenur pada jalur kenur di joran, masukkan secara berurut karet pembatas, peniti pelampung, karet pembatas, timah sebesar biji lada terakhir ikatkan peniti (link swivel) di ujung kenur. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran digentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang. Lontarkan umpan ke tengah perairan, gulung kenur sedikit , celupkan ujung joran ke air kepretkan joran sampai kenur menjadi tenggelam karena kenur yang mengambang akan terbawa arus atau tertiup angin. Pilihlah daerah terdalam di tempat jatuhnya lemparan dengan menggeser sedikit demi sedikit hingga pelampung agak tenggelam. Perhatikan pelampung dengan seksama, bedakan gerakan pelampung karena tertiup angin, terbawa arus atau tersenggol ikan. Gerakan pelampung batang yang umpannya sedang dimakan adalah ke arah bawah, waspadalah untuk segera menggentak joran tatkala pelampung tenggelam seluruhnya. Hentakan joran ke arah belakang dengan keras. Mulailah permainan anda selanjutnya yakni menakalukkan ikan yang terpancing itu. 


RANGKAIAN GLOSOR 

Telah diurai di atas bahwa rangkaian berpelampung lebih nyaman dan mudah diperhatikan karena deteksi gigitan ikan mas dapat dilihat melalui pelampung. Namun rangkaian tersebut tidak selamanya dapat dipakai seperti pada saat angin yang kencang, perairan yang terlalu dalam (2 m lebih) atau arus air yang deras. Juga 
pada mancing sistim galatama yang tidak memperbolehkan penggunaan pelampung. Untuk itulah dapat anda pakai rangkaian pancing tanpa pelampung yang biasa disebut glosor. Metoda ini sebenarnya juga sangat efektif mendeteksi gigitan ikan mas pada umpan karena menyalurkan getaran langsung pada kenur. Keuntungan lainnya dari rangkaian ini antara lain yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan mas sebelum umpan tersebut mencapai dasar, jarang membuat kenur anda dengan kenur pemancing lain saling mengikat (kusut) dan anda tak perlu memicingkan mata karena melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari anda bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu anda menggentak lagi. Kenur anda di penggulung cukup diikatkan pada ujungnya sebuah peniti khusus mancing. Agar lebih praktis, gunakan kenur pengikat kail berwarna hitam sepanjang 20 cm, ikatkan peniti pancing di ujungnya, masukkan timah pemberat minimal sebesar biji jagung lalu ujung kenur yang lain ikatkan kili-kili (swivel), ingat ! timah pemberat jangan sampai tertahan jadi artinya kenur harus dapat meluncur mulus melalui lubang pada timah pemberatnya (alat seperti ini biasa disebut bemper). Hati-hati bila timah pemberat yang dipakai ukurannya agak besar, apabila sedang mengajar ikan mas tiba-tiba ikan berontak dan ikan dapat meloloskan diri maka jepretan timah pemberat dan rangkaian pancing akan meluncur deras ke arah anda. Kekurangan pada rangkaian pancing glosor adalah kurang pekanya pendeteksian pada gigitan ikan mas yang terkadang sangat halus sekali. 

RANGKAIAN LAINNYA 
Rangkaian-rangkaian lain yang akan diurai di sini adalah mancing dasar, pengembangan atau perpaduan dari pada dua rangkaian sebelumnya. Penggunaannya kurang umum dilakukan pemancing karena memang hanya untuk menghadapi situasi tertentu dan seperti telah diulas di atas beberapa diantaranya berasal dari literatur asing dengan kondisi berbeda. Tetapi tidak ada salahnya untuk diketahui, karena dapat menjadi bahan perbandingan. Rangkaian Langsung (Free Lining), rangkaian ini sangat sederhana karena hanya 
dengan mengikatkan sebuah kail tunggal pada ujung kenur. Cara ini sebenarnya tergolong sangat tradisional, namun sangat efektif mendeteksi gigitan ikan mas yang halus sekalipun dan berguna untuk menghadapi ikan mas yang malas atau penakut sekali cara makannya. Sebab melalui rangkaian kenur bebas ini ikan mas yang 
sedang mencoba-coba umpan tak akan merasa takut melahap umpan karena tak ada beban yang menghalanginya. Kunci keberhasilannya terletak pada berat dan besar umpan yang digunakan, sehingga hanya dengan penggunaan yang tepat, umpan dapat dilontarkan secara akurat menuju sasaran tanpa mengurangi rasa ketakutan ikan. 
Rangkaian langsung berpemberat besar, adalah pengembangan dari kenur bebas yang ditambahkan sebuah pemberat berlubang yang agak besar (kira-kira sebesar ujung jari telunjuk), cara merangkainya hampir sama dengan rangkaian glosor hanya saja tanpa menggunakan bemper, jadi masukkan dulu sebuah pembatas lalu timah pemberat dan terakhir ikatkan sebuah kail tunggal saja, kenur tentunya harus dapat bergerak bebas. Maksud dari rangkaian ini adalah saat ikan mas berusaha melahap umpan maka ikan tersebut tak ragu-ragu lagi melahap atau menyambarnya karena belum ada beban yang menahannya, namun saat kail berumpan yang dimakannya tertahan pada batas timah ikan akan terkejut sehingga menyebabkan kail akan menancap dengan sendirinya akibat beban timah pemberat yang cukup besar itu. Rangkaian pancing glosor berpelampung merupakan perpaduan antara rangkaian glosor dan rangkaian berpelampung namun pelampung yang dimaksud bukan berada di air tetapi berada tepat di antara penggulung dan jalur kenur (marit) yang pertama. Fungsi pelampung adalah pengalih perhatian anda terhadap getaran akibat umpan yang termakan ikan, gerakan pelampung naik turun kemudian jatuh terlepas akibat kenur ditarik ikan. Untuk menggunakannya harus pula disediakan tatakan joran (rod rest) seperti ilustrasi di bawah ini. Alat deteksi dapat dibuat sendiri dari gabus dan jepitan rambut (di asalnya disebut Bobbin Indicator) atau dapat juga memakai alat deteksi yang disebut monkey climber karena dapat bergerak turun naik. 

PERALATAN

Pada dasarnya untuk mancing ikan mas tidak dibutuhkan peralatan khusus. Sebatang bambu yang diraut dengan kenur yang telah diberi mata kail di ujungnya sudah cukup memadai. Namun di era modern ini dimana banyak pabrik penghasil peralatan mancing yang membuat alat pancing yang lebih spesifik maka tak ada salahnya untuk kita memilih peralatan mancing yang sesuai untuk ikan mas. Hal ini dimaksudkan untuk kepraktisan, kecepatan, kepekaaan maupun kemudahan penggunaannya. Hal terpenting adalah kelas yang digunakan, di Indonesia ikan mas yang disebut super, bobotnya berkisar 4 kg ~ 15kg. Dengan rasio 2:1 saja maka kelas 4kg~6kg (8lbs~14lbs) cukup aman digunakan. Sebagai contoh, jika anda menggunakan joran kelas 6 kg gunakan pula ukuran itu pada kenur, penggulung juga mata kail. Kondisi ini disebut peralatan yang seimbang (balance tackle). 

PEMILIHAN JORAN 
Joran (tackle) untuk mancing ikan mas dapat dipilih dari beberapa merek yang beredar di pasaran. Kwalitas joran dipilih yang kekuatannya baik dan juga mempunyai daya lentur yang sesuai penggunaannya. Perlu diingat bahwa lenturan joran juga mempengaruhi dalam menguras tenaga ikan yang terpancing (fight). Untuk kepraktisan semata dapat anda pilih joran tipe antena (telescopic), yang terdiri dari beberapa ruas batang, dapat dipanjangkan atau dipendekkan. Namun bila anda hampir setiap minggu pergi berlomba, ada baiknya memilih tipe joran yang tanpa sambungan (one piece) atau yang disambung, biasanya dua batang (two pieces) atau tiga batang (three pieces). Joran tipe ini mempunyai kekuatan dan kelenturan yang lebih baik dari tipe antena. 
Untuk bahannya pilihlah minimal yang terbuat dari serat kaca (fibreglass) yang berongga di tengahnya bukan yang padat. Dewasa ini bahkan telah banyak joran yang berbahan Carbon, Grafit, Boron atau Kevlar. Panjang joran yang ideal antara 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang umum digunakan berkisar 5' 6"~6' (5 feet 6 inch s/d 6 feet) sekitar 168~180 cm, ukuran tertera jelas pada badan joran. Jumlah marit atau jalur benang minimal yang berjumlah 5 agar pembagian beban pada batang joran merata. Kelenturan atau aksi joran sesuaikan dengan keperluan, semakin lentur akan semakin betambah kepekaannya terhadap gigitan ikan, ukuran kelenturan biasanya disebut Taper misalnya Fast Taper, Medium Taper, Slow Taper dan beberapa kombinasi di antaranya. Untuk Fast Taper kelenturan joran sepertiga bagian hingga ke ujungnya (Tip Action), joran tipe ini hanya melengkung di bagian ujungnya sedang pangkalnya tetap lurus tanpa beraksi. Penggunanaannya dimaksudkan untuk kecepatan cocok dipakai pada saat lomba atau mancing sistem galatama. Medium Taper adalah kelenturan joran dari bagian tengah sampai ke ujungnya (Middle To Tip Action) yang akan melengkung dari bagian tengah keujungnya. Slow Taper (Through Action) yang akan melengkung dari pangkal hingga ke ujung joran. Medium Taper dan Slow Taper biasanya digunakan untuk mancing harian atau perlombaan mancing yang santai. Bila banyak variasi mancing dan lomba yang anda laksanakan pilihlah yang Medium Taper jika memang anda tidak terlalu memikirkan soal spesifikasi tadi. Yang perlu diingat adalah aksi joran yang 
melengkung itu akan menimbulkan reaksi pada gerakan meluruskan kembali pada joran tersebut, reaksi inilah yang membantu anda menguras tenaga ikan. Padukan tingkat kelenturan tadi dengan kekuatan atau kelas kenur yang digunakan. Kenur terlalu kecil akan mudah putus bila dipadu dengan Fast Taper, sebaliknya joran Slow Taper beresiko patah jika dipadu kenur berkekuatan besar pada saat menghentakkan joran atau saat menaklukan. Merek joran yang baik dapat anda temukan dengan mudah di toko-toko pancing terkemuka beberapa diantaranya yaitu Shimano, Daiwa, Fenwyck, Berkley dan masih banyak lagi. Kembali ke soal marit atau jalur benang, telah banyak produsen joran yang mengeluarkan produk joran tanpa marit. Jadi kenur langsung melewati rongga batang joran. Tentu saja keuntungannya, joran akan melengkung sempurna sehingga menambah kekuatan joran. Contohnya seri interline dari Daiwa dan innerline dari Shimano. 

PEMILIHAN PENGGULUNG 

Penggulung atau ril (reel) merupakan piranti yang penting di dunia mancing dewasa ini. Memang beberapa pemancing tradisional di negara kita terkadang tidak memerlukannya. Namun untuk mereka yang serius di arena mancing, penggulung menjadi suatu keharusan. Mancing ikan mas akan sangat nyaman bila penggulung 
yang digunakan adalah spinning reel, dicirikan dengan penggulungnya yang ada di depan dan pemasangannya di bawah joran. Dalam memilih penggulung yang baik tentu saja utamakan adalah kwalitas dari spining ril itu sendiri. Ril yang baik badannya terbuat dari Grafit yang ringan bukan plastik atau alumunium. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih spining ril seperti rem spul (Drag), bantalan roda (Ball Bearing), rasio gigi (Gear Ratio), kapasitas kenur dan kelas ril. Drag atau mekanisme yang menahan lajunya spul saat kenur dilarikan ikan adalah alat yang vital pada ril. Tanpa drag kemungkinan gagalnya menaklukkan ikan jadi besar terutama saat menghadapi ikan mas yang berukuran super. Ril yang baik mempunyai beberapa lempengan elemen drag di dalamnya, dapat dilihat pada dus atau buku pentunjuknya. Letaknya ada yang di depan disebut Front Drag (bagian atas spul) ada juga yang di bagian belakang ril disebut Rear Drag. Beda keduanya hanya pada letak, namun berdasarkan pengalaman, Front Drag lebih tangguh, dapat menahan lajunya ikan dengan mulus tanpa tersendat. Ball Bearing atau bantalan roda berfungsi meminimalkan gesekan pada setiap mekanismenya sehingga perputaran yang dihasilkan menjadi lancar karena kurangnya beban yang dinetralisir bantalan. Pada prakteknya semakin banyak Ball Bearing adalah semakin baik, tapi konsekwensinya harga ril menjadi mahal. Jumlah bantalan sebaiknya dilihat dari diagram ril pada buku petunjuknya. Tiga (3) Ball Bearing pada ril sudah memadai. biasanya terletak pada Pinion Gear, Drive Gear 
sebelah kiri dan Line Roller-nya. Gear Ratio atau rasio gigi, dihasilkan dari perbandingan putaran gagang (handle) dengan putaran Rotor. Gear Ratio 4:1 sudah memadai untuk digunakan mancing ikan mas, rasio ini akan menghasilkan 4 putaran rotor pada 1 kali putaran gagangnya. Ril modern gear rationya antara 3:1~6,3:1. Bedakan dengan Trolling Gear yang mempunyai dua posisi gear ratio, rasio yang rendahnya untuk mengatasi perlawanan ikan yang sangat besar. Maka pada pemancingan ikan mas gear ratio yang tinggi akan semakin baik, terutama saat lomba atau mancing ikan mas sistim galatama. 
Kapasitas kenur dan kelas ril yang digunakan berukuran 4kg~8kg pada kelasnya yang menampung kenur 8lbs~14lbs sebanyak 60m hingga 200m sudah cukup memadai digunakan pada perlombaan mancing ikan mas. Penggolongan kelas ril biasanya ditunjukkan oleh tipenya yang bernomor 100, 200, 1000, 2000 dan seterusnya. Tipe yang digunakan untuk mancing ikan emas adalah 2000 ke bawah. Beberapa merek terkenal yang terbukti cukup handal dalam pemakaian dan keawetannya seperti Daiwa SS-700, Shimano tipe Stella, Biomaster, Ultegra juga Wonder Zeus dan lain sebagainya. 

PEMILIHAN KENUR (SENAR PANCING)

Banyak pemula yang menanyakan berapa ukuran kenur yang sebaiknya digunakan untuk memancing ikan mas ? Sesungguhnya jawaban itu akan sangat relatif, karena tiap kondisi mancing akan mendapat jawaban berbeda. Pada dasarnya diameter kenur semakin kecil adalah baik, akan tetapi kendala muncul karena empang yang digunakan bukan milik sendiri kecuali di danau yang luas tentunya, dimana kita dapat tarik ulur dengan ikan mas besar bermenit-menit tanpa mengganggu lapak sebelah. Idealnya untuk mancing di empang pemancingan ikan mas, carilah kenur yang berdiameter kecil namun memiliki kekuatan yang besar. Sudah banyak di pasaran kenur-kenur impor yang berkarakteristik seperti itu. Namun bagi pengejar rekor harap dicari kenur berlabel IGFA Class agar rekor anda diakui. Pada pemancingan lomba ukuran diameter kenur sebaiknya 0,20~0,26mm atau kekuatannya berkisar 6~12lbs. Pada lomba sistem galatama dapat dipakai dari ukuran 0,24~0,28mm karena rangkaian pancingnya tidak pakai pelampung (pancing glosor). Pancing berpelampung menggunakan kenur diameter lebih dari 0,26mm sangat riskan dikenali ikan mas yang cenderung penakut dan suka menghindar terutama pada bayangan manusia dan juga bayangan kenur yang tebal. Untuk merek pilihlah yang sudah terkenal seperti Berkley, Fenwyck, Maxima, Platypus, Siglon dan lain-lain. Warna kenur pilih yang tersamar dengan warna air, boleh juga warna neon (flourecent) yang sangat cocok untuk mancing malam hari atau menggunakan rangkaian pancing glosor. 


PEMILIHAN PELAMPUNG 
Pelampung merupakan alat pendeteksi yang memberitahukan bahwa ikan mas tengah memakan umpan kita. Pelampung atau kambangan ini dibuat dari bahan yang sangat ringan agar dapat mengambang di air. Bahannya dapat terbuat dari kayu balsa, plastik atau bulu ayam merak. Bentuknya beraneka ragam dari yang berbentuk bola hingga batang dengan warna-warni yang terang. Pada saat mancing harian atau di daerah seperti Bogor, Sukabumi dan daerah Jawa Barat lainnya pelampung yang digunakan sangat kecil, seperti gambar yang ada di bawah ini sangat berguna untuk mendeteksi gigitan ikan mas yang sangat halus. 
Namun untuk pemancing Jakarta dan Bandung yang biasa mengikuti lomba akbar, pelampung yan dipakai berbentuk batang yang terbuat dari bulu ayam merak. Pelampung ini sangat baik mendeteksi gigitan ikan dan dapat terlihat pada jarak yang jauh. Untuk ikan mas jangan gunakan pelampung yang terlalu besar karena dapat menahan gerak umpan yang tersedot mulut ikan mas sehingga ikan tersebut mengurungkan niatnya. Sebenarnya masih banyak alat pendeteksi lainnya seperti monkey climber, alarm dan lainnya namun tidak umum digunakan di sini. 

PEMILIHAN KAIL 
Penggunaan rangkaian mata kail yang sudah jadi dapat anda beli di tempat yang menjual peralatan mancing atau dirangkai sendiri, yang terdiri dari 2 atau 3 mata kail dapat langsung dipakai. Sedang ukuran kail sesuaikan dengan ukuran ikan yang ditebarkan di empang pemancingan, dengan nomor 9~5 (biasanya nomor yang besar ukuran kailnya lebih kecil tergantung dari mereknya), untuk lomba galatama dan lomba akbar di hari Minggu sediakan mata pancing rangkai 3 ukuran 5 atau 6. Sedangkan untuk mancing harian yang penebaran ikannya sedikit gunakan mata kail lebih kecil dengan rangkaian tunggal. Rangkaian kail tunggal dengan pelampung kecil lebih efektif digunakan di empang yang ukurannya kecil dan penebaran ikannya sedikit. Bentuk mata kail untuk memancing ikan mas adalah yang berbatang pendek dengan lengkung setengah lingkaran dengan ujung pengikat yang gepeng (spade end) bahannya terbuat dari Carbon dan stainless steel. Beberapa merek yang sudah terkenal dan banyak dipakai yakni Owner, Gamakatsu, Mustad, Daiichi. Biasakan untuk selalu mengganti mata kail yang telah berkarat atau tumpul. Karena kesempatan mendapat ikan besar terkadang pupus karena kail yang patah atau tidak menancap dengan sempurna. 

Cara membuat rangkaian pancing :

Sediakan kenur leader (pengikat kail) sekitar 50 cm dan kili-kili, masukkan ujung kenur dua kali (2x), sisi yang berujung pendek +/- 15 cm. (gambar "a"). 
  • Dengan sisi yang panjang, lilitkan sebanyak 10x (b) masukkan ujungnya ke celah tekukan kenur. Tahan sisi pendek tarik sisi panjang sampai mengetat (c). 
  • Simpulkan kedua ujungnya secara renggang +/- 20 lilitan simpul (d). Buat celah di tengah lilitan simpul tadi, lalu masukkan mulai dari kili-kilinya hingga rapat di batas ikatan pertama yang mengetat (e). 
  • Tarik perlahan-lahan kedua ujungnya, bantu meratakan dengan jari sampai ketat (f). Sampai di sini berarti telah dapat dihasilkan rangkai pancing 2 cabang. 
  • Untuk membuat 3 cabang dst. Ambil bagian kenur yang panjang, tekuk kenur simpulkan 3~5x (g), atur jarak ikatan ini dengan kili-kili ini lebih pendek dari sisi yang satunya. Ketatkan simpul tersebut, potong rata hingga seperti gambar (h). 
  • Ulangi menyimpul renggang 20 lilitan seperti pada (d) tadi dan masukkan ke celah lilitan mulai dari kili-kili hingga batas ikatan mengetat yang kedua (i). 
  • Tarik kedua ujung perlahan-lahan, ratakan hasil ikatan yang mengetat bila perlu bantu dengan jari. Hingga akhirnya terbuatlah rangkaian 3 cabang (j). 
  • Untuk membuat 4, 5 cabang dst., gunakan kenur leader lebih panjang lagi dan pada saat membuat simpul seperti gambar (g) potonglah kenur hingga menghasilkan sisi pendek kira-kira 15 cm dan sisanya menjadi sisi yang panjang untuk membuat cabang selanjutnya. 

Cara mengikat kail : 
  1. Tekuk kenur pengikat kail, satukan dengan mata kailnya dan pegang dengan ibu jari dan telunjuk kiri. 
  2. Buat lilitan hingga batang kail dan tekukan kenur masuk ke dalam lilitan. 
  3. Lilitan untuk leader yang agak besar cukup 5 lilitan, semakin kecil ukuran leader semakin banyak jumlah lilitannya. 
  4. Tarik ujung dan pangkal kenur hingga mengetat. Periksa apakah ikatan yang mengetat tadi masih dapat meloloskan kenur, bila masih sebaiknya ulangi lagi. Maksimalkan kekuatan ikatan dengan meneteskan power glue. Kenur yang dipakai membuat rangkaian sebaiknya menggunakan kenur khusus leader atau untuk mengikat kail, biasanya warnanya hitam, agar tidak mudah melintir. Diameter kenur sesuaikan dengan kebutuhan dan nomor kail. Kail kecil dengan kenur yang kecil atau sebaliknya 


SESER 
Seser atau serokan berfungsi menyerok ikan yang berhasil kita taklukkan untuk kemudian kita angkat ke darat. Pada perlombaan tentunya seser ini mutlak kita bawa kecuali lomba mancing sistim galatama yang serokannya telah disediakan. Penggunaan seser yang benar adalah setelah dirasa tenaga ikan telah terkuras kemudian kepala ikan telah berada di atas air (mendongak) selamkan seser dan raih ikan dari arah bawah. Hindarkan menyeburkan seser pada saat ikan belum terlihat walau ikan tersebut sudah ada dekat pemancing karena saat itu tenaga ikan masih besar dan turunnya serokan akan menyebabkan ikan terkejut dan berontak dengan sekuat tenaganya. Gunakanlah seser yang berbatang besi stainless berongga yang ringan dengan diameter lingkaran kira-kira 50 cm dan jaringnya dari tali plastik yang kuat. 

KORANG (KERAMBA)
Setelah ikan terangkat maka kita membutuhkan korang yang berguna menyimpan ikan sementara kita memancing. Pakailah korang yang besar berbentuk seperti karung dengan leher korang yang agak panjang. Biasakan memeriksa korang yang kita simpan sebelum berangkat mancing siapa tahu terdapat lubang karena gigitan tikus, hingga ikan yang kita taruh di korang itu lolos keluar. 


CIRI ISYARAT PELAMPUNG 
Inilah saat terpenting yang harus anda perhatikan dengan seksama. Tiap ikan mas tidak ada yang sama cara makannya. Perbedaan ini menghasilkan gerakan pelampung yang berbeda pula. Ikan berukuran sampai 1 kg (disebut ikan rame) biasanya makan dengan cara yang kasar. Pelampung akan langsung tenggelam saat umpan disambar, segera gentakkan joran. Untuk ikan mas yang besar atau yang makannya terlalu penakut gerakan pelampung mungkin hanya sekali saja, bila saat itu lengah maka anda hanya akan mendapatkan umpan habis termakan. 




(A) 
Ikan mas besar biasanya lebih waspada, ia akan makan umpan yang ada di depannya tetapi bila dirasa sesuatu menghalangi seperti mata kail, kenur dan lainnya, ikan tersebut akan menyemburkan kembali umpan tadi. Sehingga gerakan ini akan menghasilkan satu gerak saja pada pelampung. Diasumsikan pelampung yang anda pakai terbuat dari bulu ayam merak. Bila pelampung dengan umpan di dasar air tegak lurus (pengukuran kedalamannya tepat), maka pelampung anda akan naik satu ruas dari batas air (A). Dan bila jarak pelampung dengan umpannya miring (pengukuran kedalamannya dilebihkan), maka pelampung akan tenggelam satu ruas

(B). 
Dua kondisi tadi menandai anda untuk segera menggentak joran. (B) Isyarat pelampung berikut ini jelas-jelas menandakan umpan sedang dimakan, dan anda harus segera menggentak joran, diilustrasikan sebagai berikut : 
  • Pelampung bergerak turun naik dengan cepat seperti gerakan mesin jahit. 
  • Pelampung bergerak turun naik dengan cepat, kemudian menghilang. 
  • Pelampung bergerak naik lalu tiba-tiba rebah kemudian terseret atau menghilang. 

ISYARAT KENUR 
Pada rangkaian glosor atau kenur bebas (free lining) lainnya, gerakan umpan yang dimakan ikan, getarannya langsung disalurkan ke kenur. Setelah umpan dilontarkan, gulung kenur sedikit, taruhlah joran pada cagak joran (rod rest) atur kenur agar menegang namun janganlah terlalu kencang, agak kendor sedikit. Perhatikan kenur yang memasuki air karena di sini getarannya dapat terlihat jelas. 
Ada 2 kondisi dimana kita harus segera menggentak joran : 
  • Tanpa isyarat awal, tiba-tiba saja kenur terangkat dan bergerak menjauh. 
  • Kenur yang tegang tadi tiba-tiba menjadi kendor. 
  • Keadaan lain yang dapat dideteksi seperti kenur yang bergerak-gerak mengencang dan mengendur, gerakan yang amat halus dapat anda rasakan dengan memposisikan jari telunjuk pada kenur, pada keadaan yang ekstrim joran dapat turut tercebur ke air makanya disarankan mengikatkan tali pengaman pada joran bila memancing menggunakan rangkaian ini di danau atau perairan yang dalam lainnya.

READ MORE - Tips : Cara Mancing ikan mas/tombro beserta spesifikasi alat

Tips : Umpan mancing di air tawar

umpan dicampuri essens

Rekan-rekan ada yang tau apa itu essens ? mungkin sebagian sudah tau, faham, atau bahkan sering menggunakan ;-)

Ya, essens adalah sebuah cairan yang biasanya digunakan sebagai campuran(memberi rasa dan aroma) pada pembuatan kue. Jenis essens bermacam-macam. Ada yang rasa nangka, durian, strawbery, sirsak,dll. Tergantung ingin berasa apakah kue yang kita buat ;-)

Namun, ada sedikit hal yng mungkin belum banyak orang tau, termasuk anda ;-), bahwa essens bisa dipakai sebagai campuran umpan buatan untuk memancing. Khususnya di air tawar, dan ini sangat MANJUR lho.... kami sudah pernah buktikan ;-)

Jenis ikan yang suka akan aroma dari essens ini juga beragam. Mulai dari gurame, mujaer, wader,dll. So, bagaimana caranya ?

Cara untuk ini sangat mudah, yaitu tinggal tambahkan saja essens pada ramuan umpan yang anda buat atau pada saat membuat adonan umpan. Jenis essens yang pernah saya pakai adalah essens nangka. Saya campurkan dengan ramuan umpan yang biasa kita pakai memancing.

So, ternyata terbukti, ikan juga perlu menu yang sedikit berbeda dari menu biasanya yang mereka makan sehari-hari ;-) Ikan juga bisa bosan... ;-)



umpan ramuan, murah mantab

Tidak jadi masalah untuk itu, yang penting rumusnya untuk meramu umpan ikan pancingan, khususnya air tawar, SANGAT boleh dicoba..! Untuk temen-temen yang suka mancing di air tawar dengan jenis ikan seperti lele, mujaer, nilla, dan sejenisnya, hal ini patut dicoba, Yaitu: 

Jika Ikan Buruanmu Adalah Lele 
Tidak usah pusing-pusing untuk membuat umpan buatan dari berbagai macam bahan untuk memancing ikan jenis ini. Cukup gunakan cacing tanah. Namun, perlu anda poles dengan sedikit bumbu agar anda lebih dilirik (umpan) maksudnya ;-) oleh si Lele. How...??? 
  • pertama : Carilah cacing tanah
  • kedua : Telor bebek, ambil kuningnya saja
  • Ketiga : Masukkan kuning telor bebek ke dalam wadah, kemudian campurkan/aduk cacing kedalamnya
  • Keempat : Pergilah berburu lele ! Buktikan apa yang terjadi... ;-)

Jika Buruanmu Adalah Nilla, Mujaer, dan sejenisnya 
Tidak perlu banyak keluar duit untuk umpan buatan ini. cukup simpel, namun mematikan alias DAHSYAT.... ;-)
  • Pertama : Beli/ambilah pelet (pakan ikan)
  • Kedua : Ambilah daun pandan (yang biasa dibuat penyedap santan/makanan), tumbuk lalu ambil airnya saja. Diblender juga boleh ;-)
  • Ketiga : Campur pelet dan air pandan tersebut. Aduk-aduk hingga menyatu.
  • Keempat : Umpan siap DIGUNAKAN...


umpan ramuan istimewa 

mungkin ada yang butuh resep baru meramu umpan. Kita mencari-cari, di iklan televisi kok gak ada ya...? yup, hanya disini tempatnya... ;-)

Namun ini bukanlah sebuah iklan, hal ini dalam dunia permancingan disebut umpan/pakan. Umpan/pakan bisa jadi dari binatang seperti cacing, jangkrik, larva tawon (tolo), pelet, sampai pada umpan buatan (umpan yang diramu sendiri oleh pemancing).

Mengingat ulasan sebelumnya, kita harus tau dulu jenis ikan apa yang kira-kira akan dipancing. Hal ini untuk menentukan ketepatan pemilihan umpan. Disini, akan kami bagikan sedikit trik untuk umpan buatan berdasarkan pengalaman yang bisa menghasilkan banyak ikan, dengan kata lain ikan suka umpan ini. Khususnya adalah ikan air tawar. Bisa ikan mas/tombro, mujaer, dll. Rekan-rekan bisa coba. Langkah-langkahnya adalah :

Langkah pertama:
Jagung yang gak terlalu tua di parut, bisa juga di blender/jus. Kemudian ditambah mentega, bisa blueband, atau merek yang lain. Keduanya dikukus seperti kue.

Langkah kedua:
Angkat kukusan tersebut, angin-anginkan biar dingin. Setelah dingin dan dikira siap, umpan di aduk dengan ditambah essen, bisa rasa nangka atau duren yang biasa dipakai. Agar lebih bagus lagi, ramuan bisa dicampur dengan telur bebek belut kukus (dibuang isi perut dan tulangnya).

Langkah ketiga
Supaya gak terlalu lembek bisa ditambah sama ubi putih (ubi jalar) yang sudah dikukus. Selanjutnya tambahkan mie instan kering yang sudah dihaluskan, untuk menghindari kelembek-an bahan tadi.

Langkah keempat:
Tambahkan kroto (telur semut merah/rangge) pada umpan dengan meremas-remas. 



umpan ramuan khusus ikan mas

RAMUAN (1)
  • 3 kg ikan mas atau belut
cara membuat :
Bila memakai ikan mas, buang isi perut dan insangnya, kukus hingga masak. Untuk belut, masukan saja ke dalam kantong plastik bening dapat juga ditambahkan daun pandan dan sedikit daun sereh, kukus hingga matang.
Cara pakai cukup diambil dagingnya saja, kaitkan pada kail.

RAMUAN (2)
  • 30 Tongkol jagung muda
  • 1,5 ons singkong
  • 0,5 butir kelapa muda
  • 1 blok keju Kraft
  • Roombutter Weijmans secukupnya
  • 5 butir kuning telur bebek ( boleh tidak dipakai )
  • 3 kg kroto (kroto beras)
Cara membuat :
Jagung, singkong, kelapa muda dan keju diparut lalu dicampurkan dengan sisa bahan dan diaduk rata. Adonan dibungkus rapat dengan alumunium foil. Dikukus selama 2 jam dengan api kecil, air sudah harus mendidih saat adonan dimasukkan. Kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.

RAMUAN (3)
  • 5 kg ubi jalar
  • 2kg daging belut
  • Ocoy (pengeras umpan) secukupnya
  • 2 kg kroto
Cara membuat :
Ubi jalar dikupas. Ubi jalar, daging belut, dan ocoy dicampurkan kemudian dihaluskan dengan blender. Ocoy fungsinya sebagai pengeras. Bila tidak ada, bisa diganti dengan tepung mie atau susu bubuk. Saat akan dipakai, adonan dicampur lagi denagan kroto.



umpan sarden, untuk lele dan patin

So, bagaimana cara ngebuat sarden buat umpan...? ikuti langkah-langkah di bawah:
  1. Buka sarden dan tuangkan pada sebuah wadah.
  2. Tuangkan pelet dan telur bebek kedalamnya, aduk-aduk sampai menyatu dan....
Umpan SIAP digunakan ;-) 

Mudah dan simpel bukan...??? Buktikan hasilnya. Terutama untuk mancing lele, patin di kolam.



umpan untuk memancing belut

Ketika hendak memancing belut atau membuat perangkap untuk belut di sawah, biasanya hanya memakai katak kecil/kecebong, cacing, atau jangkrik. Nah untuk yang ini, ketika anda ingin membuat perangkap untuk belut, sebelum mengikat cacing dalam perangkap, hendaknya cacing untuk dibakar terlebih dahulu. Jangan lama-lama ya, nanti gosong... ;-0)

Setelah cacing dibakar, maka ikat didalam perangkap untuk belut. Kemudian benamkan perangkap tersebut ke dalam lumpur sawah. Cari tempat yang sekiranya belut disitu.

Untuk pemilihan waktu penempatan perangkap pilih di sore hari menjelang magrib. Tinggal perangkap tersebut semalam di tempatnya.

Pada keesokan harinya, pagi-pagi atau selepas sholat subuh, silahkan angkat perangkap. Namun anda perlu hati-hati lho, karena bisa jadi yang masuk perangkap adalah ular atau ular dan belut ;-), So, anda bisa BUKTIKAN sendiri hasil dari perangkap cacing bakar ini... ;)

Mengapa cacing bakar...???
karena aroma dari cacing yang dibakar, sangat menyengat di hidung belut ;-)
ya intinya, tips gini lebih MUJARAB ketimbang yang biasa dilakukan. Selamat Mencoba... !!!

Tips Sukses:
Lakukan masang perangkap diatas pada masa tanam tiba. Ketika sawah baru selesai di cangkul atau digemburkan. Karena pada saat ini lebih banyak belutnya ;-)



umpan khusus ikan wader

Ikan wader. tau gak sobat gimana cara/Ramuan efektif buat ngedapetin ikan jenis ini...??? ya, memang kebanyakan mancing dengan cacing, tolo (anak/larva lebah), dan lain...lain....
Namun ada Ramuan Khusus yang tidak kalah AMPUH buat umpan mancing wader. Apa itu...??? Simak dech.....

  • Siapin tempe, nasi putih, bawang putih
  • Tumbuk/haluskan semua bahan diatas menjadi satu. Jangan lupa untuk menambahkan air hangat sedikit. Tujuanya untuk mencampur. Jangan terlalu banyakl karena akan membuat adonan ramuan lembek/encer.
  • Setelah jadi, buatlah semacam gumpalan kecil yang dikaitkan ke mata pancing. Seperti ketika sobat memancing dengan pelet.



umpan khusus ikan kali dekat muara

Beberapa waktu yang lalu saya bersama beberapa rekan hunting spot baru buat mancing. Ya, lokasi yang jarang terjamah orang atau pemancing kebanyakan. Memang agak dalam, dekat dengan hutan jati. Namun disitulah ikan-ikan sungai yang lebih tepatnya disebut muara (karena) udah gak jauh-jauh amat dengan laut berada.

Kami mencoba menggunakan kepiting sungai (empet) tapi dipilih yang bertulang lunak. Jangan yang bertulang keras. Karena menurut pengalaman kami sobat JM, ada dua jenis. Kepiting ini banyak dijumpai di sungai-sungai atau kali-kali di sekitar kita. Biasanya mereka hidup di pinggiran, merambat. Cara mendapatkan mereka ada beberapa langkah. Yang sering digunakan adalah dengan menebar Desis atau semacam racun buaat hama tanaman. Biarakan beberapa saat, maka kepiting ini akan berterbangan keseret arus atau minggir ;-)

Sobat JM tinggal mengambil mereka dengan serok atau tangan. Cara pemakaian umpan ini, hilangkan semua kakinya, buka cangkang depan, kemudian masukkan ke kail/mata pancing. Gunakan untuk mancing di lokasi seperti yang kami sebutkan diatas sobat dan silahkan BUKTIKAN sendiri sensasi STRIKE yang gak begitu lama dari buruan sobat... ;-)

Mengapa...??? karena kepiting jenis ini (tulang lunak) merupakan makanan alami bagi sang buruan/ikan. Jadi seolah mereka mendapatkan pakan GRATIS tanpa harus susah payah nyari,hehehee....

Selamat Mencoba


READ MORE - Tips : Umpan mancing di air tawar

Tips : Memancing

Yup, sebelum berangkat ke tempat memancing, jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terlebih "lokasi" dimana kita akan memancing, menentukan jenis umpan apa yang akan kita gunakan. Hal ini penting karena akan menentukan hasil dari tangkapan (pancingan) kita.

Jangan sampai lokasi yang kita pilih di muara, umpan yang kita gunakan adalah cacing tanah yang biasa kita gunakan untuk memancing ikan lele di sungai atau di empang (kolam). Bukan tidak bisa, akan tetapi lebih baik jika menggunakan umpan sesuai target market kita. bahasanya seperti pengusaha ya... ;-))

So, bagaimana agar kegiatan memancing kita efisien dan efektif untuk menghilangkan penat, mengisi waktu luang, sekaligus mendapatkan tangkapan iken yang memuaskan...??? berikut bisa jandi membantu rekan-rekan sebelum terjun berburu ikan... :

Tentukan Lokasi Memancing
Penentuan lokasi memancing ini menjadi kunci utama sebelum kegiatan memancing lainya. Jangan sampai semua peralatan sudah siap, namun kita tidak tahu kemana akan pergi memancing...???!! :-) bisa jadi ujung-ujungnya ya mancing pakek uang kepasar alias beli ikan... ;-). penentuan lokasi ini menjadi dasar untuk kita menentukan waktu yang tepat dan umpan yang tepat untuk digunakan. Memancing di air tawar seperti empang, kolam, sungai, waduk,dll sudah pasti berbeda dalam hal umpan dibandingkan dengan memancing di air asin seperti laut atau air payau (muara). Mengapa...??? karena jenis ikan yang hisup disana pun, sedikit banyak juga akan berbeda. Hal ini sangat penting untuk kita menentukan umpan yang tepat buat menarik ikan-ikan tersebut.

Tentukan Waktu Memancing
Setelah menentukan waktu memancing, tugas kita sekarang adalah waktu memancing yang tepat. Mengapa...??? jangan sampai ketika pergi memancing, kita pergi pada saat ikan gak biasa mencari makan/lapar di waktu tersebut. Bayangkan kalau kita memancing, sedangkan ikan-ikan pada nyenyak tidur karena kekenyangan...???!!! maukah kita menunggunya sampai bangun...??? ;-) So pasti tidak ya.
Untuk ikan-ikan jenis tertentu, memang harus tau kapan ikan tersebut waktu buas-buasnya mencari makan. Sebagai contoh kecil adalah ikan lele. Banyak para pemancing yang memburu ikan ini di malam hari, sore menjelang magrib, atau bahkan pagi-pagi sekali. Karena pada saat-saat inilah sang ikan tersebut biasanya sedang buas-buasnya dalam mencari makan. Hal ini menjadi kesempatan bagi kita untuk memberinya umpan/makanan ;-) dan buktikan saja hasilnya ketika kita memancing di luar waktu-waktu tersebut. Memang tidak harus, namun kebanyakan seperti itu ;-). Lain halnya jika kita memancingnya di kolam/empang yang memang sudah tersedia ikan-ikanya. Kapanpun kita datang, kemungkinan dapat ikan tetep ada... kecuali kalo ikanya habis...??? ;-)

Tentukan Umpan Yang Digunakan
Umpan...??? Yups, meski remeh, ini harus menjadi perhatian tersendiri. Karena tidak semua jenis ikan menyukai segala macam umpan. Kecuali orangnya yang mancing... ;-). Bisa kita lihat ketika ada orang sedang memancing di pinggir sungai, waduk, muara, empang, atau bahkan laut. Antara pemancing satu dengan yang lain, kebanyakan tidak sama dalam menggunakan umpan. Hal ini berangkat dari pengalaman mereka dalam dunia mancing atau bisa jadi hasil tukar pikiran/tukar pengalaman dengan pemancing lainya. Silahkan anda buktikan...!!! ;-) . Mengapa terjadi demikian...??? karena mereka sudah tau betul akan umpan apa yang paling disenangi ikan buruanya. Jangan sampai mancing ikan mas, kita menggunakan umpan buatan dari kayu yang biasa digunakan pemancing untuk memancing di laut. Hasilnya bisa dipastikan tidak maksimal. Kalaupun ada, itu ikan yang kelaparan bwangeeets... ;-0

Ketiga hal di atas adalah panduan paten bagi siapa saja yang ingin pergi memancing. Memang tidak harus, namun untuk hasil maksimal , hal diatas haruslah dilakukan...!!! ;-)


READ MORE - Tips : Memancing

Total Tayangan Laman

Blog archives